thumb

Bimtek Penyusunan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk Seluruh OPD di Kota Pontianak Tahun Anggaran 2024

Dinas P2KBP3A Kota Pontianak kembali melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk Seluruh OPD di Kota Pontianak Tahun Anggaran 2024. Bimtek ini rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka sosialisasi dan monitoring pelaksanaan Pengarustamaan Gender (PUG) pada Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pontianak, berserta Kecamatn dan Keluarahan di Kota Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 30-31 Januari 2024. Fasilitator yang dihadirkan adalah Ibu Tantri Lusiandari yang juga merupakan ASN Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat.

Pada hari pertama bimtek dimulai dengan penyampaian materi dasar mengenai PUG dan PPRG yang diberikan oleh 4 Drivers Pelaksanan PUG pada Kota Pontianak, yaitu Bappeda Kota Pontianak, BKAD Kota Pontianak, Inspektorat Kota Pontianak, dan Dinas P2KBP3A Kota Pontianak. Kemudian dilanjutkan penambahan materi oleh USAID IUWASH Tangguh.

Pada hari kedua, Fasilitator PUG menyampaikan materi mengenai Anggaran Responsif Gender (ARG), termasuk didalamnya pembentukan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS). Dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan GAP dan GBS oleh para peserta dan evaluasi serta masukan oleh fasilitator dan sesame peserta.

- Luthfia Justisia Loebis, Bidang PP-PA-PM -