thumb

PELAKSANAAN PELAYANAN KB METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) GRATIS (IUD DAN IMPLAN) DI KOTA PONTIANAK DALAM RANGKA HUT PEMERINTAH PROVINSI KALBAR KE 67 TAHUN 2024

Bidang KB KS DP2KBP3A bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak serta para PKB melaksanakan kegiatan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang baik jenis IUD maupun Implan secara gratis di beberapa lokasi Puskesmas yang ada di tiap kecamatan di Kota Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 15 Februari 2024, antara lain di Puskesmas Parit Mayor Kecamatan Pontianak Timur, Puskesmas Telaga Biru Kecamatan Pontianak Utara, Puskesmas Gg. Sehat Kecamatan Pontianak Selatan serta Puskesmas Pal 3 Kecamatan Pontianak Barat. Melalui kegiatan ini jumlah akseptor KB implan sebanyak 56 orang dan IUD sebanyak 142 orang. 

Metode Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda menjarangkan kehamilan serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka Panjang. Disamping mempercepat penurunan TFR, pengguna kontrasepsi MKJP juga lebih efisien karena dapat dipakai dalam waktu yang lama serta lebih aman dan efektif.

Berdasarkan studi yang ada, MKJP dapat membantu mencegah kehamilan yang tidak diinginkan hingga 20 kali lebih baik dibandingkan dengan metode kontrasepsi yang lain seperti konsumsi obat. Dilihat dari angka kegagalan MKJP relatif lebih rendah dibanding non MKJP.

MKJP dikenal dengan Long Acting Contraceptive System (LACS) adalah metode kontrasepsi yang penggunaanya tidak setiap hari sehingga bila dilihat dari segi finansial, MKJP merupakan metode kontrasepsi termurah dibandingkan metode kontrasepsi lainnya. Oleh karena itu melalui program pelayanan KB MKJP gratis ini , diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat khususnya bagi PUS dalam rangka menunda kehamilan.

 

Editor By Jmk

Written : Herkulana