thumb

Peluncuran Pusat Informasi Konseling Remaja  (PIK-R) di SMA Negeri 3 Pontianak

DP2KBP3A..PONTIANAK – Remaja merupakan generasi harapan untuk kemajuan bangsa di masa depan. Bunda Genre Kota Pontianak Anita Ani Sofian mengatakan bahwa merencanakan dan menyiapkan remaja Indonesia yang berkualitas dan memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, serta emosional yang kuat akan menentukan kemajuan bangsa.

Permasalahan remaja yang dihadapi saat ini kian kompleks. Menurutnya, permasalahan tersebut masih sangat tinggi, termasuk perilaku napza, seks pranikah, pernikahan dini dan berbagai tindakan negatif lainnya. 

“Tentu saja ini akan terus berlarut dan menjadi bencana bagi bangsa kita jika tidak diatasi dengan upaya yang tepat,” ucapnya, usai Peluncuran Pusat Informasi Konseling Remaja  (PIK-R) di SMA Negeri 3 Pontianak, Jumat (2/8/2024). post Berita 03/09/2024

Anita menjelaskan, program Generasi Berencana (Genre) menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Ia menambahkan, tim PIK-R dapat menjadi solusi untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh remaja. 

“Melalui strategi komunikasi oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya, remaja diharapkan mampu mengatasi serta menetapkan solusi dari permasalahan yang dihadapi,” sambung Anita yang juga selaku Ketua TP-PKK Kota Pontianak.

Materi yang akan disosialisasikan mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan remaja, seperti, permasalahan seksualitas, penyalahgunaan narkoba, kesehatan, reproduksi, dan usia menikah yang ideal. 

“Bunda berpesan agar kelompok PIK-R dapat lebih aktif untuk memberikan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi,” ucapnya. 

Pembentukan program kerja yang tepat, kreatif dan inovatif diharapkan dapat diterapkan oleh masyarakat, terutama di sekitar tempat tinggal. Anita juga mengingatkan untuk mengutamakan program kerja yang langsung menyentuh masyarakat dan remaja. 

“Semoga remaja di Kota Pontianak dapat menjadi remaja yang sehat, berprestasi dan berinovasi sehingga membentuk remaja yang hebat dan mandiri,” tutupnya. (kominfo)

Oleh:

Gema Mahardhika

Post by jmk