thumb

Puncak Peringatan Hari Jadi ke 251 Kota Pontianak

Apel Gabungan Dalam Rangka Puncak Peringatan Hari Jadi ke 251 Kota Pontianak, di depan Kantor Walikota Pontianak Jalan Rahadi Oesman, dihadiri Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H dengan mengenakan  baju Teluk Belanga Melayu Warna Hijau dipadukan Kopiah  Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. ,beserta Istri, Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Hj. Lismaryani, Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar dr. Harisson M.Kes., beserta istri Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si., dan serta para Forkopimda Provinsi Kalbar dan Forkopimda Kota Pontianak.

 

https://dppkbpppa.pontianak.go.id/storage/posts/October2022/ultah13.jpg

 

https://dppkbpppa.pontianak.go.id/storage/posts/October2022/ultah13.jpg

 

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kalbar menyampaikan pantun serta mendoakan,  kota yang dikenal sebagai kota yang dilalui Garis Khatulistiwa ini.

 

“Bujang Belayar di Malam Sabtu, Pergi Menjemput Dare di Jeruju, Selamat Hari Jadi Kota Pontianak Ke 251, Semoge Berkembang dan Makin Maju."

 

"Semoga dengan umur yang ke 251 Tahun ini, Kota Pontianak semakin maju dan semakin dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat Pontianak dan juga masyarakat Kalbar pada umumnya," ucap Ria Norsan dengan berlogat khas melayu dalam pantunnya.

 

Dilanjutkan sambutan Wali Kota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T., mengajak Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk bekerjasama membangun Kota Pontianak yang lebih indah dan maju.

 

“Saya memohon kepada Pemprov Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk dapat mendukung Pemerintahan Kota Pontianak dalam pembangunan,  baik infrastruktur maupun aspek-aspeklainnya,” harap Wali Kota Pontianak.

“Pembangunan infrastruktur kita terus berlanjut seperti dimulainya pembangunan duplikasi jembatan Kapuas satu dan penataan jalan  Sultan Hamid 2, ini akan memberikan dampak yang sangat positif untuk wilayah Pontianak Timur dan Utara,” jelas pria yang akrab disapa Bang Edi ini.

 

Berikut deretan agenda hiburan dan pameran dalam menyemarakkan HUT ke-251 Kota Pontianak:

1. Tari Jepin Massal

Tari Jepin sudah menjadi agenda tahunan dalam memperingati HUT Kota Pontianak. Tari Jepin yang merupakan tarian rumpun Melayu ini akan kembali menyemarakkan HUT ke-251 Kota Pontianak di Alun-alun Kapuas Pontianak, Jalan Rahadi Usman (Depan Kantor Wali Kota Pontianak).

2. Karnaval Aek di Sungai Kapuas

Karnaval Air di Sungai Kapuas merupakan salah satu pesta rakyat yang diinisiasi oleh Kesultanan Kadriah Kota Pontianak yang bertajuk 'Pekan Raya Pontianak'.

Acara tersebut akan digelar tepat tanggal 23 Oktober 2022 ini dimulai pukul 08.00 WIB. Bertitik kumpul di dermaga depan Masjid Jami Kesultanan Kadriah Pontianak. Nantinya rombongan kesultanan dan pejabat menggunakan kapal wisata dari Istana Kadriah menyusuri sungai menuju makam Kesultanan di Batu Layang sekaligus ziarah akbar.

3. Festival Kuliner

Memperingati HUT ke- 251 Kota Pontianak, beragam agenda kegiatan pesta rakyat akan digelar di taman alun-alun kapuas, salah satunya festival kuliner. Festival ini akan berlangsung dari tanggal 20 sampai 23 Oktober 2022.

Ada beragam macam kuliner di sana. Selain itu pula ada juga tersedia pasar tani jika masyarakat ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga yang ekonomis.

4. Festival Musik Pontianak Fair

Tak hanya acara kebudayaan, menyemarakkan hari jadi Kota Pontianak yang ke-251 tahun, anak muda kreatif di Pontianak menggelar acara musik bertajuk 'Pontianak Fair'. Event yang akan berlangsung selama 3 hari, mulai 21-23 Oktober 2022 ini akan memberikan hiburan untuk masyarakat Kota Pontianak.

Akan ada banyak rangkaian acara mulai dari pameran, pojok seni, tenant-tenant UMKM, sajian kuliner khas Pontianak, hingga konser musik yang diisi oleh musisi-musisi ternama.

5. Pontianak Expo 2022

Selain acara seni dan kebudayaan, Pemerintah Kota juga akan mengadakan Pontianak Expo 2022 yang digelar di Pontianak Convention Center (PCC). Pergelaran Pontianak Expo ini akan berlangsung dari 23-27 Oktober 2022.

6. Fun Bike 251 Km

Tidak hanya acara seni dan kebudayaan, di hari jadi Kota Pontianak juga ada beragam kegiatan perlombaan olahraga. Salah satunya adalah fun bike dengan jarak 251 KM. Para peserta fun bike nantinya keliling kota Pontianak tanggal 22 Oktober 2022, dari pagi hari sampai Sore.

 

 

https://dppkbpppa.pontianak.go.id/storage/posts/October2022/ultah13.jpg