thumb

Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan

Pelaksanaan Hari Pahlawan yang dilaksanakan Di lapangan Parkiran Pemerintah Kota Pontianak  yang dihadiri seluruh ASN Pemerintah Kota Pointianak dengan Pembina pelaksanaan Upacara memperingati hari Pahlawan Sekretaris Daerah Kota Pontianak.

Indonesia saat ini sudah meraih kemerdekaan yang tentunya tidak Lepas dari jasa para pahlawan yang sudah berjuang. Sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang sudah mendahului, setiap 10 November kemudian ditetapkan sebagai Peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Tahun ini, Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah mengumumkan tema sekaligus logo peringatan Hari Pahlawan 2023. Merujuk pedoman identitas visual Hari Pahlawan 2023, tujuan Hari Pahlawan diperingati untuk menghormati kontribusi besar para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai serta identitas bangsa. 

Hari Pahlawan diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk mengaplikasikan semangat para pahlawan yang telah gugur dalam kehidupan di masa kini maupun masa depan. pemerintah telah menetapkan bahwa tema besar Hari Pahlawan 2023 adalah 'Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan'.Jum”at 10/11/23

Tema tersebut berusaha untuk mengajak masyarakat Indonesia merenungkan kembali perjuangan para pahlawan. Mereka bercucur keringat, darah dan air mata tidak semata-mata agar bangsa Indonesia meraih kemerdekaan saja. Lebih dari itu, mereka juga menginginkan agar NKRI semakin maju serta meraih kemerdekaan intelektual dan ekonomi. 

Itu sebabnya, tema besar Hari Pahlawan tahun ini memberi bahan renungan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan agar terbebas dari kemiskinan dan kebodohan serta tercapainya bangsa yang adil, cerdas dan makmur.

Sebenarnya tema Hari Pahlawan Nasional selalu menarik setiap tahunnya seperti 2022 lalu mengusung tema "Pahlawanku Teladanku". Begitu juga tema tahun 2023 ini yang bertema 'Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan'.

Hal ini dikarenakan pada 10 Nopember 1945, terjadi pertempuran besar setelah kemerdekaan yang juga disebut sebagai pertempuran Surabaya. Untuk itu, setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, masyarakat Tanah Air akan memperingati Hari Pahlawan Nasional. Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 Nopember namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. 

 

post by jmk