thumb

Hari Kontrasepsi Sedunia 2023

Pada tahun 2023 kali ini, mengusung tema "Kekuatan Pilihan"

Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia

Mengutip dari pacehospital.com, hari Kontrasepsi sedunia dimulai pada tahun 2007. Saat itu, sepuluh lembaga keluarga berencana di seluruh dunia menyatakan bahwa penggunaan kontrasepsi, yang memungkinkan adanya pilihan disengaja untuk memiliki anak, adalah langkah yang sangat penting.

Setidaknya 15 LSM internasional, komunitas medis dan ilmiah, serta organisasi pemerintah mendukung adanya Hari Kontrasepsi Sedunia, dengan tujuan untuk menyebarkan informasi akurat mengenai kesehatan seksual dan reproduksi. Salah satunya adalah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mempromosikan akses universal terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi, menekankan pentingnya Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 September.

Sejak saat itu, Hari Kontrasepsi Sedunia terus diperingati masyarakat internasional. Pada 26 September 2023 peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia genap berusia 16 tahun. Perayaan Hari Kontrasepsi Sedunia 2023 ditandai dengan gelaran bakti sosial pelayanan keluarga berencana (KB) metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

26 September diperingati sebagai Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Say (WDC), yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan menggunakan berbagai jenis pilihan konstrasepsi yang tersedia.

Tema Hari Kontrasepsi Sedunia 2023

Pada tahun 2023 kali ini, mengusung tema "Kekuatan Pilihan" yang menyoroti peran penting pilihan kontrasepsi dalam memungkinkan masyarakat mengambil kendali atas kesehatan reproduksi mereka.

Tema ini tidak hanya mencakup mengenai kontrasepsi saja, hal ini juga mendorong otonomi, memungkinkan pengambilan keputusan yang cerdas, dan memajukan upaya internasional dalam kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

Perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah.  Dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan. Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan.

Terdapat tiga jenis pilihan metode kontrasepsi bagi pasangan usia subur yang sudah menikah. Pertama adalah kontrasepsi hormonal yang terdiri dari IUD hormonal, implan, pil KB, kontrasepsi darurat, dan suntikan KB.

Lalu kontrasepsi non-hormonal yang terdiri dari IUD non-hormonal, kondom, serta sterilisasi (tubektomi, dan vasektomi).  

Terakhir kontrasepsi alami berdasar metode kalender, senggama terputus, dan metode menyusui yang dikenal dengan MAL atau Metode Amenorea Laktasi. Metode MAL  ini dapat digunakan bagi Ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui bayinya.

Berencanaan keluarga merupakan bagian penting yang harus dipersiapkan secara matang oleh tiap pasangan, agar dapat mengembangkan diri meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan, serta memaksimalkan perhatian dan pengaturan finansial dalam mendukung tumbuh kembang anak

"Berbagai Sumber"

 Oleh jmk